Fisnanin Purwanti, Sugeng Hariyadi, Rahmawati Prihastuty
Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Kampus Sekaran Gunungpati Gedung A1 Lt. 2.
purwantifisnanin@rocketmail.com
Identity can be shaped by
many factors, one of which is gender. Teens can
seek positive self-identity
formation in various ways. Identification of differences in adolescents between men and women can be seen from
how teens are successful in the search for identity dirinya.Untuk get more
reliable results about the differences
in adolescent identity, then do the research. The
purpose of this study was: (1)
the identity of students in class XI at SMAN 2
Pemalang., (2) determine the identity differences
in class XI student of SMAN 2 Pemalang in
terms of gender.
This study was conducted at
SMA N 2 Pemalang.
Subjects numbered 78 people were determined using
the technique of Proportional
Sample. Identity was
measured using Identity scale
comprising 55 items. Identity of the scale reliability
coefficient of 0.952. Test differences using the
Mann-Whitney U technique Test with SPSS 17.0 for
windows.
Hypothesis test results showed
a significant difference between self-identity in the
male students and female students.
Identity of the boys
with an average value
of 208.44 is higher than the female students'
self-identity on the
average value of 190.64 which
means that male students have a more positive self-identity
than female students.
Keywords: identity, Adolescence, gender
ABSTRAK
Identitas diri dapat dibentuk oleh banyak
faktor salah satu diantaranya adalah jenis kelamin. Remaja dapat mengupayakan pembentukan identitas diri positif dengan berbagai cara. Adanya perbedaan Identitas diri remaja antara laki-laki
dan perempuan dapat dilihat dari bagaimana remaja tersebut sukses dalam
pencarian identitas dirinya.Untuk mendapatkan hasil
yang lebih terpercaya mengenai perbedaan identitas diri remaja, maka dilakukan
penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui identitas
diri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang.;
(2) mengetahui adanya perbedaan identitas diri
pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang ditinjau dari jenis
kelamin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Pemalang. Subjek
penelitian berjumlah 78 orang yang ditentukan menggunakan teknik Proportional
Sample. Identitas
diri diukur dengan menggunakan skala Identitas diri yang terdiri dari 55 item.
Koefisien reliabilitas skala Identitas diri sebesar 0,952. Uji perbedaan menggunakan
teknik Mann-Whitney U Test
dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows.
Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara identitas diri pada siswa laki-laki dan siswa perempuan.
Identitas diri pada siswa laki-laki dengan nilai rata-rata 208,44 lebih tinggi
dibandingkan dengan identitas diri pada siswa perempuan nilai rata-rata 190,64
yang berarti siswa laki-laki mempunyai identitas diri yang lebih positif
dibandingkan siswa perempuan.
Kata Kunci : identitas diri, remaja, jenis kelamin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar